Saling Ejek Karena Tolak Pakai Masker, Penumpang Pesawat Berkelahi

Liputan6. com, Jakarta –  Selama masa pandemi corona Covid-19, aturan dan protokol kesehatan buat naik pesawat terbang termasuk sangat ketat. Memakai masker, menjaga jeda dan mencuci tangan termasuk aturan kesehatan yang umum. Sayangnya, tak semua penumpang mematuhi aturan itu.

Yang terbaru terjadi di Amerika Serikat dan makin berbuntut perkelahian. Hal itu terjadi di pesawat Allegiant Air yang dijadwalkan terbang dari Bandara Phoenix-Mesa Gateway, Amerika Serikat pada 3 Oktober 2020.

Seorang penumpang perempuan bernama Ryie Lansford menyebut penumpang yang duduk di sebelahnya adu mulut dengan penumpang yang duduk di belakangnya. Perselisihan itu ternyata berlanjut dengan patokan hantam. Lansford pun menyingkir sambil merekam adegan itu. Ia kenudian menyebarkan video itu melalui akun Instagram @bakedbyrylie, Minggu, 4 Oktober 2020.

Lansford mengatakan, seorang penumpang pria masuk ke dalam pesawat memutar akhir dengan memakai face shield tapi tidak mengenakan masker serta duduk dibelakangnya. Sampai di tempat duduk, seorang pramugari meminta pada penumpang itu untuk mengenakan kedok.

“Dia memakai face shield jadi dia berpikir dia menetapkan memakai masker lagi, ” kata Lansford, seperti dilansir dari azcentral , 5 Oktober 2020. Penumpang lain yang bersandar di sebelah Lansford membalikkan membuang dan mulai mengejek pria tersebut.

“Awalnya, saya budi itu sekadar candaan saja, tapi ternyata mereka mengucapkan kata-kata yang agak kasar dan jelas tak bersahabat, ” ungkap Lansford.  

Pramugari masih mencari jalan untuk meminta penumpang yang tak mengenakan masker agar bersedia memasukkan aturan. Di saat bersamaan adam di sebelah Lansford terus mengejek.

“Lalu saya hanya mendengar dan melihat satu buaian lengan, dan saya langsung lari ke depan pesawat bersama pramugari, ” lanjut Lansford. Ia memasukkan, penumpang pesawat yang menolak mengenakan masker itu seperti mencekik pria yang duduk di sebelahnya, berarakan mulai menarik rambut pria itu dan memukul punggungnya.

2 dari 3 halaman

Face Shield Bukan Pengganti Masker

Juru bicara Allegiant Airlines sampai saat ini belum menanggapi pertanyaan terkait peristiwa tersebut. Mereka hanya menegaskan kalau pihaknya mengharuskan semua penumpang untuk memakai masker tidak hanya di udara, tapi setiap saat sejak dibanding bandara. Bahkan termasuk, di loket tiket dan area gate.

Face shield dapat dipakai sebagai bunga untuk penutup wajah, tapi bukan sebagai pengganti masker di motor.   Tak hanya di Amerika Serikat, peristiwa hampir serupa juga terjadi di Jepang.   Seorang penumpang pria sebuah penerbangan domestik di Jepang dipaksa turun lantaran pesawat karena menolak menggunakan kedok.

Melansir dari Asia One , 14 September 2020, saat pesawat Peach Aviation hendak lepas landas, seorang pramugari memperhatikan bahwa ada penumpang pria yang tidak memakai masker. Dia pun segera menegur pria tersebut dan memintanya untuk menggunakan masker. Namun, pria itu menolak menggunakan masker, bahkan membuat kegemparan karena tidak terima dengan perlakuan pramugari tersebut.

Dia mulai berteriak dan juga mengancam awak kabin. Penumpang lain pun merasa khawatir dengan ulah pria tersebut. Penumpang di sebelah adam itu bahkan meminta pindah kursi karena tidak ingin duduk pada sebelahnya. Ulah penumpang yang tidak disebutkan namanya itu pun tak bisa dikendalikan.

Udara pun terpaksa mendarat di Bandara Niigata, untuk menurunkan penumpang berpenat-penat kepala tersebut dan kemudian meneruskan perjalanan ke Bandara Internasional Kansai di Osaka.     (Vriskey Herdiyani)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Lembah Ini: