Pengawasan Ketat Pemakaman Jenazah COVID-19

Liputan6. com, Jakarta – Perang melawan penyebaran COVID-19 terus digaungkan Pemrov DKI Jakarta. Dari hulu sampai hilir tidak lepas dari kontrol ketat. Salah satunya soal protokol pemakaman jenazah terkonfirmasi COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah formula untuk menindaklanjuti pedoman pencegahan dan pengendalian COVID-19 dari Kementrian Kesehatan tentang pemulasaran jenazah COVID-19.

Formula itu berlaku baik yang meninggal di fasilitas layanan kesehatan atau di luar fasilitas kesehatan. Salah satu formulanya dengan menerbitkan surat edaran. Surat itu disusun berdasarkan pedoman penanganan COVID-19 dari Kementerian Kesehatan dan input dari tim ahli Pemulasaran Jenazah Infeksius.

“Dan menghasilkan Surat Edaran Kepala Dinas Kesehatan Nomor 55/SE/2020 tentang Pelaksanaan Pemusaran Jenazah Pasien Covid-19 di DKI Jakarta dan Surat Edaran Kepala Dinas Kesehatan Nomor 74/SE/2020 tentang Pelaksanaan Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19 di Luar Fasilitas Kesehatan, ” kata Dokter Widya.

Dia melanjutkan, pendekatan juga dilakukan kepada warga sekitar. Yakni memberikan penjelasan atau edukasi untuk tidak menolak jenazah COVID-19 karena sudah melalui protokol yang ketat.

“Edukasi yang diberikan berupa penjelasan bahwa untuk kasus kematian probable dan kasus konfirmasi COVID-19 penanganan pemulasaran, sudah dilakukan sesuai prosedur khusus untuk jenazah infeksius, ” imbuh dia.

Lebih jauh dr Widya menuturkan, petugas pengubur jenazah telah dilengkapi APD sesuai protokol kesehatan dan dilakukan pemeriksaan swab PCR.

“Pengurusan jenazah pasien COVID-19 telah melalui prosedur dengan langkah-langkah untuk mencegah agar tidak terjadi transmisi penularan dari jenazah ke petugas, masyarakat, dan lingkungan sekitar, ” dia memungkasi.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: