Nissan Kicks Ternyata Banyak Jenisnya, Simak Ulasannya

Liputan6. com, Jakarta – Di pasar otomotif nasional, Nissan Kicks e-Power menjadi junior. Tapi tahukah Anda jika ternyata Nissan Kicks ada banyak jenisnya.    

Kicks tidak hanya menyapa Indonesia  selalu, bahkan sebelumnya sudah ada ideal konvensional hingga spesies khusus regional.

Kicks e-Power

Kicks e-Power  yang kita kenal mengawali karir di Thailand. Tepatnya pada 15 Mei lalu, ia menampilkan diri seutuhnya. Baru setelah itu diikuti market lain, di antaranya tercatat Jepang, Singapura, dan sampai juga di Indonesia.

Bertemu nama e-Power, semua kebagian teknologi hybrid termutakhir Nissan dengan karakter berkendara ala mobil listrik minus diganggu kekhawatiran bakal kehabisan aki. Boleh dibilang sebagai jembatan penyesuaian menuju era elektrifikasi murni.

Yep, adalah motor elektrik EM57 sebagai tenaga penggerak sempurna mobil, tersalur ke roda depan. Total ekstraksi mencapai angka 129 PS dibarengi torsi instan 260 Nm. Tak perlu takut kehabisan daya karena terdapat enjin HR12DE berkekuatan 82 PS/103 Nm sebagai generator listrik menuju baterai.

Jika Kicks di Indonesia hanya tersedia utama varian, lain cerita di pasar lain. Total empat opsi untuk konsumen Negeri Gajah Putih – S, E, V, VL – dengan banderol setara Rp 417, 6 hingga Rp 491, 6 jutaan.

Jepang kebagian dua opsi yakni X dan X Two Tone Interior Edition yang diberi label Rp 382, 9 dan Rp 399, dua jutaan. Sementara itu, di Singapura trim dibagi menjadi Lite, Premium, Premium Plus. Harganya bisa datang Rp 1, 14 – Rp 1, 2 miliar.

Unit yang kita dapat bisa dianggap setara varian tertinggi pada market lain. Kenikmatan skema buatan kelas atas tersaji seperti kelir two tone dan fitur berkendara tenggat keselamatan komplet.

Contoh saja di garda sokongan kesejukan dan keselamatan. Dalam pos terdapat ragam kemampuan seperti Intelligent Forward Collision Warning (FCW), Intelligent Emergency Braking (IEB), hingga cruise control adaptif.

Belum lagi sokongan bermanuver termasuk Around View Monitor (IAVM), Blind Spot Warning (BSW), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Dalam luar sana, paket keselamatan memisahkan kasta. Contoh Thailand, Vehicle Dynamic Control, Hill Start Assist, & Intelligent Trace Control merupakan penumpu kasta terendah.

FCW, IEB, dan Driver Attention Alert (DAA) baru tersedia sejak jenis E. Naik setingkat ditambahkan IAVM, sementara varian tertinggi punya tambahan cruise control adaptif, BSW, serta RCTA.

Lalu, pembeda utama lain terletak di sarana hiburan 8 inci – keluar mulai tipe V – serta pembungkus bangku fabric khusus varian rendah.

Kurang-lebih situasi diferensiasi Singapura juga demikian. Kaki Lite dan Premium tersisip IEB, VDC, ITC, HSA, dan DAA. Baru Premium Plus dibekali cruise control aktif, BSW, dan RCTA.

Juga di sisi kelengkapan kabin, material jok maka penentu kasta. Satu hal bertentangan di Singapura adalah jumlah airbag. Kalau kita kebagian 6 bintik, mereka mendapatkan tambahan untuk kaki pengemudi depan.

2 dari 3 halaman

Model Konvensional

Nissan Kicks e-Power dasar sebuah produk baru yang inovatif. Tapi pada kenyataannya, nama Kicks sudah duluan mengaspal dalam format pemacu konvensional di beberapa negeri.

Debut pertamanya dalam Brazil 2016 silam. Di sungguh itu, Kicks turut didagangkan secara global. Beberapa di antaranya ialah Cina, dan beberapa negara pada Benua Amerika seperti Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Brazil.

Tampilan model konvensional kecil berbeda dari Kicks e-Power. Pertama di fasad depan. Untuk melukiskan, versi bertenaga fosil seakan mengadopsi wajah lama sementara e-Power oleh sebab itu versi facelift dengan grille V-Motion membesar. Lainnya seperti profil awak, guratan samping, serta elemen cladding menyerupai.

Versi Cina dan Taiwan menggendong enjin 4 silinder HR15. Ekstraksi tenaga dicatatkan sampai 110 hp pada babak 6. 300 rpm dibarengi ketika puntir maksimum 136 Nm di 4. 400 rpm. Putaran kemudian tersalur ke roda depan meniti transmisi Xtronic CVT.

Unit pemacu di Benua Amerika berbeda. bukan HR15 melainkan HR16 alias berkapasitas 1. 600 cc di empat ruang bakar. Spek berbeda tiap negara, misal pada Meksiko, mesin daya 1. 600 cc menghasilkan keluaran tenaga sampai 118 hp dibarengi torsi teratas 149 Nm.

Dalam Amerika Utara, enjin Kicks sanggup menghasilkan lebih besar hingga 122 hp bersama momen puntir 154 Nm. Yang jelas fungsi pembagian ditugaskan kepada transmisi CVT menuju roda depan.

Sifat trim tertinggi mungkin cukup sebangun dengan Kicks e-Power sini. Misal Keyless Entry dan Push Button Ignition, Automatic Climate Control, bangku berlapis kulit, sampai kelengkapan safety komplet minus cruise control adaptif.

3 dari 3 halaman

Spesifik Pasar India

Ada versi lain dari Kicks di India. Sekilas dilihat sungguh serupa, menganut basis guratan dan profil tubuh menyerupai model global. Tapi jangan terkecoh, Kicks di India bisa dibilang merupakan marga berbeda dari versi global.

Melansir Car and Bike, Kicks di India menganut maklumat berbeda. Sebagai informasi, model ijmal dibangun di atas Nissan V Platform yang juga menjadi kanvas untuk hatchback dan sedan aliansi Renault-Nissan.

Ambil contoh kembaran antara Nissan Micra dan Sunny dengan Renault Pulse atau Scala. Sementara itu, wujud crossover Nissan spek Bollywood berdiri di pada basis B0 serupa Renault Captur bikinan Chennai India. Dengan demikian, Kicks dilokalisasi demi harga terjangkau.

Walau mirip, disebutkan versi spesifik ini berbagi kurang komponen dengan model global. Pula dari ukuran lebih besar. Dimensi 89 mm lebih panjang dibanding tipe konvensional global dengan mengagendakan angka 4. 384 mm.

Ia juga sedikit bertambah lebar dan tinggi di angka 1. 813 dan 1. 656 mm. Sebagai pembanding, di Brazil (Kicks global) diukur 4. 295 x 1. 760 x satu. 590 mm (PxLxT).

Secara visual, diferensiasi paling nyata terletak di kabin. Terlihat bertambah membosankan, terutama komposisi kisi AC mengapit sarana hiburan di center stack. Sensasi bertumpuk elegan lelap untuk rangkaian itu.

Dua opsi mesin tersedia, diawali oleh pemacu empat silinder satu. 500 cc H4K. Ekstraksi tidak berlimpah, hanya siapkan 104, 6 hp pada 5. 600 rpm berikut lontaran torsi 142 Nm pada 4. 200 rpm. Pemangku distribusi adalah transmisi manual lima percepatan.

Nissan serba banyak menyuntikkan powertrain ekstra kuat dalam trim atas. Kapasitasnya hanya satu. 300 cc namun tersemat vila keong pemadat udara alias turbo. Ia tawarkan sisi menyenangkan.

Pasalnya, tendangan tenaga bisa sampai 154 hp di putaran 5. 500 rpm. Sementara tersebut, torsi khas mesin turbo muncul sejak putaran rendah. Tepatnya satu. 600 rpm sebesar 254 Nm. Daftar pilihan transmisi diisi sebab manual 6-speed atau CVT.

Sumber: Oto. com