Mendagri Berhentikan Bupati Boalemo

Liputan6. com, Gorontalo – Bupati Boalemo, Darwis Moridu diberhentikan sementara sebab Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian.

Pemberhentian itu tertuang dalam surat Kesimpulan Menteri Dalam Negeri Nomor 131. 75-3846 tahun 2020 tentang pemberhentian sementara Bupati Boalemo.

Dalam surat tersebut, yang menjadi yang menjadi perhatian Mendagri yakni surat registrasi perkara Pengadilan Jati Gorontalo Nomor 160/pid. B/2020/PN Gto tanggal 7 September 2020; Surat Gubernur Gorontalo Nomor 009/116/Pemkesra agenda 22 September 2020 perihal pemberitahuan.

“Memutuskan memberhentikan sementara saudara H. Darwis Moridu dari jabatannya sebagai Tumenggung Boalemo masa jabatan tahun 2017/2022 sampai proses hukum yang bersentuhan selesai dan mempunyai kekuatan norma tetap, ” bunyi surat Mendagri tersebut.

Dan mendagri menunjukkan Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf sebagai pelaksana tugas.

“Wakil Bupati masa posisi tahun 2017/2022 untuk melaksanakan tugas dan kewenangan sebagai Bupati Boalemo, ” sambung bunyi surat dengan ditetapkan pada 3 November 2020.

Keputusan menteri itu mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dan berlaku surut terhitung semenjak 7 September 2020.

Dalam surat pemberhentian Bupati Boalemo Darwis Moridu oleh Menteri Di dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian dimandatkan kepada Wakil Bupati Anas Jusuf untuk melaksanakan tugas Bupati Boalemo.

Wakil Bupati Anas Jusuf saat dikonfirmasi terkait dengan surat tersebut, ia mengiakan belum mau memberikan keterangan.

“Saya belum mau mempercakapkan dan memberikan keterangan terkait situasi itu, ” singkat Anas.

2 sebab 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: