Komnas Perempuan Mencatat Ada 299. 911 Kasus Kekerasan di dalam Perempuan Sepanjang 2020

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

Liputan6. com, Jakarta – Tip Nasional Antikekerasan Terhadap Hawa (Komnas Perempuan) mencatat sebanyak 299. 911 kasus kekerasan pada perempuan selama masa waktu 2020 di bermacam-macam daerah Tanah Air.

“Kasus tersebut redup signifikan dari data 2019 yaitu sebanyak 431. 471 kasus, ” kata Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani saat jumpa pers catatan tahunan kekerasan terhadap rani secara daring yang dipantau di Jakarta, Jumat (5/3/2021).

Penurunan kasus kekerasan pada perempuan 2020 tersebut, lebih merefleksikan kapasitas pendokumentasian dari pada kondisi nyata kekerasan terhadap perempuan di kala pandemik yang cenderung menyusun.

Ia menuturkan sebanyak 34 persen institusi pengaduan mengembalikan kuesioner membuktikan bahwa terdapat peningkatan dakwaan kasus di masa pandemik.

Data dakwaan ke Komnas Perempuan selalu mengalami peningkatan drastis 60 persen dari 1. 413 kasus di 2019 menjelma 2. 389 kasus pada 2020.

“Arus deras pengaduan ke Komnas Perempuan menunjukkan masa pandemik menghadirkan berbagai kerentanan segar kekerasan terhadap perempuan, ” ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Sekalipun demikian, lanjut dia, di dalam kompilasi keseluruhan ternyata total data yang dilaporkan redup. Hal itu dikarenakan daftar pertanyaan yang dikembalikan turun dekat 50 persen dari tahun sebelumnya.

2 dari 3 halaman

Tidak Dapat Laporan Kekerasan di 3 Provinsi

Bahkan, Komnas Rani tidak mendapatkan informasi terpaut kondisi kasus kekerasan perempuan di Provinsi Gorontalo, Sulawesi Barat dan Maluku Mengetengahkan.

Sebagian gembung lembaga yang mengisi & mengembalikan kuesioner catatan simpulan tahun berlokasi di Pulau Jawa dan memiliki sokongan infrastruktur yang lebih memadai.

Dukungan infrastruktur tersebut memengaruhi pengaduan terutama di masa pandemik COVID-19. Komnas Perempuan berpandangan bila semua lembaga pengaduan didukung layanan teknologi dan fakta yang memadai, maka bahan pengaduan diyakini jauh gede dari jumlah yang terekam saat ini.

3 sejak 3 halaman

Saksikan video pilihan dalam bawah ini: