Dorong Kunjungan Perdana Menteri, Pemuda Guinea Ditembak Aparat

Liputan6. com, Conakry – Pemuda berusia 20 tahun di kota Dalaba, Guinea, tewas ditembak sesudah protes kedatangan Perdana Menteri Ibrahima Kassory Fofana. Demonstrasi terjadi sebab ketidakpuasan pada pemerintah yang mau merombak masa jabatan presiden.

PM Ibrahima mengunjungi praja Dalaba karena ingin kampanye untuk Presiden Alpha Conde. Dalaba merupakan basis kandidat oposisi, yaitu Cellou Dalein Diallo.

Pemerintahan Presiden Alpha Conde disebut ingin mengubah konstitusi sehingga ia bisa me-restart masa jabatannya yang sudah dua periode. Otomatis, ia berkampanye untuk periode ke-3 sehingga memancing protes.

Pendemo sejak Selasa 29 September kemarin mulai menyerang konvoi PM Ibrahima dengan menggunakan lemparan sundal. Beberapa orang lainnya luka-luka.

PM Ibrahima Kassory Fofana adalah manajer kampanye Presiden Conde.

Korban yang mati akibat tembakan bernama Habib Petel Diallo. Keluarganya mengkonfirmasi bahwa Habib meninggal saat ikut demo terhadap kedatangan PM Ibrahima.

Seorang polisi yang namanya tidak ingin disebut berkata pemuda itu mengalami luka tembak di besar, demikian laporan AFP yang dikutip media Nigeria, Channels TV , Kamis (1/10/2020).

Pemerintah Guinea berkata penentangan yang terjadi adalah rencana buat menyabotase proses pemilu. Partai oposisi UFDG membantah terlibat dalam serangan yang terjadi.

2 dari 3 halaman

Demokratis Kemudian Otoriter

Alpha Conde menjadi presiden Guinea pada 2010. Ia merupakan presiden pertama di negara itu yang terpilih secara demokratis.

Namun, ia malah ingin menambah masa jabatannya lewat perubahan konstitusi.

Kelompok HAM di Guinea berkata pemerintahan Alpha Conde menjurus ke pemerintahan otoriter.

Pada bulan ini, Presiden Conde juga dikritik karena dituding memprovokasi ketegangan etnis menjelang pemilu Oktober mendatang.

Politik di negara Afrika Barat ini terkenal kental oleh nuansa etnis.

Partai Presiden Conde disebut didukung orang Malinke, sementara oposisi dibela orang Fula. Namun, kedua pihak bersikeras sama-sama pluralis.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: