10 Cara Membuat Masker Rambut untuk Atasi Ketombe, Mudah dan Alami

Liputan6.com, Jakarta Ketombe bisa menjadi masalah rambut yang cukup menyebalkan. Selain meninggalkan serpihan putih di rambut, kulit kepala bisa terasa gatal dan tidak nyaman. Belum lagi, ketombe bisa membuat rambut tampak kusut dan kusam.

Ketombe memang menjadi masalah umum banyak orang. Ada banyak produk anti-ketombe yang bisa digunakan untuk menyingkirkannya. Di samping itu, banyak juga bahan alami yang bisa jadi alternatif.

Salah satu cara alami mengatasi ketombe adalah membuat masker rambut. Masker rambut dapat menutrisi dan mengondisikan rambut sekaligus menghilangkan ketombe. Masker rambut bisa menangani masalah dasar penyebab ketombe seperti kulit kepala kering dan jamur.

Cara membuat masker rambut untuk atasi ketombe juga cukup sederhana. Dengan bahan alami yang mudah didapat, masker rambut anti-ketombe bisa membantu menyingkirkan rasa tidak nyaman. Berikut 10 cara membuat masker rambut untuk atasi ketombe yang dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Senin (31/8/2020).

2 dari 6 halaman

Cara membuat masker rambut untuk atasi ketombe

Yogurt, madu, dan lemon

ogurt dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut dan mengondisikan rambut. Asam sitrat dalam air lemon dapat membantu mengatur pH rambut. Sementara madu membantu memperbaiki kondisi seperti ketombe dan dermatitis seboroik pada kulit kepala.

Campur 1/2 cangkir yogurt, 1 sendok makan air lemon, dan 1 sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke rambut, mulai dari akar hingga ke ujung rambut. Setelah diaplikasikan merata, tutup dengan shower cap atau handuk dan tunggu selama 30 menit. Bilas masker rambut dengan sampo ringan bebas sulfat. Lakukan sekali atau dua kali seminggu.

Teh hijau dan minyak peppermint

Teh hijau memiliki manfaat antijamur dan dapat membantu menyingkirkan jamur Malasezzia yang menyebabkan ketombe. Sementara itu minyak esensial peppermint memberikan efek pendinginan dan membantu menghilangkan ketombe.

Campur 1 cangkir teh hijau, 2-3 tetes minyak esensial peppermint, dan 1 sendok teh cuka putih. Bilas rambut dengan air mengalir dan tuangkan campuran pada rambut. Biarkan bilasan selama 5 menit sambil memijat kulit kepala. Cuci rambut dengan sampo dan kondisioner bebas sulfat. Lakukan sekali seminggu.

3 dari 6 halaman

Cara membuat masker rambut untuk atasi ketombe

Pisang, madu, lemon, dan minyak zaitun

Pisang dan madu dapat membantu merawat rambut dan mengontrol ketombe. Asam sitrat dalam air lemon dapat membantu menyeimbangkan pH rambut. Dan minyak zaitun dapat membantu melembutkan dan menguatkan rambut.

Hancurkan dua pisang matang dalam mangkuk sampai halus. Tambahkan satu sendok makan minyak zaitun, madu, dan air lemon. Aduk rata dan oleskan ke kulit kepala dan biarkan selama 30 menit. Cuci rambut dengan sampo bebas sulfat ringan. Lakukan sekali seminggu.

Yogurt, tea tree oil, dan minyak zaitun

Yogurt dan minyak zaitun dapat melembabkan rambutTea tree oil efektif dalam pengobatan ketombe dan membantu mendinginkan rasa gatal serta kemerahan pada kulit kepala.

Campurkan 4-5 tetes tea tree oil, 1 sendok makan yogurt, dan 1 sendok makan minyak zaitun. Oleskan secara menyeluruh ke rambut dari akar hingga ujung. Pijat kulit kepala selama sekitar 5 hingga 10 menit. Diamkan selama satu jam, lalu cuci bersih rambut dengan sampo.

Setelah rambut bersih, tambahkan 8-10 tetes minyak pohon teh ke dalam secangkir air. Cuci rambut dalam bilasan terakhir dengan campuran ini. Lakukan sekali dalam seminggu.

4 dari 6 halaman

Cara membuat masker rambut untuk atasi ketombe

Alpukat

Alpukat kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Masker deep conditioning ini menenangkan kulit kepala dan mengembalikan kilau rambut.

Hancurkan satu buah alpukat matang sampai halus. Tambahkan dua sendok makan masing-masing madu dan minyak zaitun. Aduk sampai tercampur rata. Oleskan ke rambut mulai dari akar dan terus ke ujung. Diamkan selama 45 menit dan cuci rambut dengan sampo ringan bebas sulfat. Lakukan sekali seminggu.

Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat membantu tidak hanya mengurangi ketombe tetapi juga membersihkan kulit kepala dan rambut dari penumpukan sel kulit mati. Cuka sari apel juga membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala.

Campurkan 1/4 gelas cuka sari apel dan 1/4 gelas air di dalam botol semprot. Semprotkan larutan ke seluruh rambut dan kulit kepala dan tunggu selama 15 menit. Cuci rambut dengan sampo dan kondisioner. Lakukan dua kali seminggu.

5 dari 6 halaman

Cara membuat masker rambut untuk atasi ketombe

Lidah buaya

Lidah buaya terbukti efektif dalam meredakan dermatitis seboroik, suatu kondisi yang dapat menyebabkan ketombe membandel. Lidah buaya juga memiliki sifat antijamur yang dapat membantu dalam mengobati ketombe.

Campurkan empat sendok makan gel lidah buaya murni dengan dua hingga tiga tetes minyak eucalyptus. Aplikasikan pada rambut ulai dari akar dan terus ke ujung. Pastikan untuk fokus pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit hingga satu jam. Bilas masker dengan air dingin yang mengalir. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Minyak kelapa

Minyak kelapa telah terbukti membantu meredakan dermatitis atopik ringan hingga sedang. Ini membuat minyak kelapa bisa menjadi cara untuk mengatasi ketombe. Minyak kelapa mudah menembus batang rambut dan mengurangi kerusakan rambut. Panaskan 3 sendok makan minyak kelapa hingga agak hangat.

Aplikasikan minyak kelapa hangat ke kulit kepala. Pijat kulit kepala selama sekitar 10-15 menit. Diamkan selama 30 menit dan bersihkan minyak dengan sampo. Lakukan 1-2 kali seminggu.

6 dari 6 halaman

Cara membuat masker rambut untuk atasi ketombe

Bawang bombay

Bawang bombay memiliki sifat antijamur. Ini dapat membantu menghilangkan jamur penyebab ketombe. Jus bawang bombay juga dapat untuk mendorong pertumbuhan rambut. Haluskan 1 bawang bombay ukuran besar hingga membentu pasta yang lembut. Oleskan pasta ini ke rambut, mulai dari akar hingga ke ujung. Diamkan selama satu jam dan cuci rambut dengan sampo. Lakukan sekali seminggu.

Bawang putih

Bawang putih telah digunakan sejak lama untuk mengobati ketombe. Bawang putih memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang bisa mencegah ketombe. Hancurkan enam siung bawang putih dalam mangkuk dan diamkan selama 10 menit. Tambahkan tujuh sendok makan madu dan campur kedua bahan tersebut.

Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut dan biarkan selama sekitar 5-10 menit. Bilas dan cuci rambut dengan sampo. Lakukan sekali seminggu.